Pengetahuan

Bagaimana Cara Menanam Kacang Tanah Yang Benar?

Kacang tanah merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman yang tergolong dalam tanaman polong – polongan ini merupakan tanaman yang kaya manfaat. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang hasilnya dapat dijajakan dan menjadi uang, kacang tanah jika dikonsumsi dengan kadar yang tepat juga dapat mendatangkan manfaat bagi tubuh pengonsumsinya. Beberapa manfaat dari menkonsumsi kacang tanah adalah tubuh akan terbantu untuk menjaga kadar gula darah yang stabil, begitu juga dengan kadar kolesterol.

 

Wah, cukup menarik bukan? Tentunya dengan manfaat yang dapat memikat ini, beberapa orang akan tergugah untuk mulai mengkonsumsi atau mengolah kacang tanah. Anda yang tertarik dapat membelinya di petani langsung, pasar, atau di toko – toko tertentu. Harga kacang tanah yang ditawarkan tentunya berbeda – beda. Bergantung dari daerah dan jumlahnya. Untuk daerah Yogyakarta, kisaran harga 1 kg kacang tanah yang dibeli langsung dari penanamnya adalah sekitar Rp 14.000. Cukup murah, ya? Sedangkan di daerah Aceh, untuk 1 kg harga kacang tanah anda perlu membayar sedikit lebih mahal daripada harga kacang tanah di petani Yogyakarta, yaitu sekitar Rp 27.000.

 

Pernah berpikir untuk menanam sendiri kacang tanah agar lebih puas mengkonsumsinya? Jika nada berpikir seperti itu, Anda tentu perlu tahu cara menanamnya yang benar agar tidak gagal.

 

Cara menanam kacang tanah dengan baik dan benar

Sebelum menanam kacang tanah, tentunya anda perlu memilih bibit dengan kualitas yang sangat baik. Mengapa begitu? Tentunya untuk mendapatkan hasil yang baik di masa panen, benih yang ditanam juga harus berkualitas super baik bukan?

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah untuk menanam kacang tanah secara tepat bagi Anda yang tertarik:

  1. Gemburkan tanah

Penggemburan tanah dapat dilakukan dengan menggunakan cangkul atau alat bajak.

  1. Rendam biji kacang tanah

Sebelum ditanam, kacang tanah direndam dalam POC GDM dan air hangat dengan perbandingan 1:20liter selama 3-5 jam.

  1. Penting untuk menambahkan dolomit

Taburkan dolomit (kapur tanah) dan diamkan selama 5 hari.

  1. Suburkan dengan pupuk kandang

Nah, untuk menambah kesuburan tanaman perlu ditambahkan pupuk kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *