Pengetahuan

Review Android Pie – Sistem Operasi Android Terbaru

Mobile Operating System atau mobile OS adalah software yang mendukung fungsi dasar tablet dan smartphone, seperti menjadwalkan tasks, menjalankan aplikasi, dan mengendalikan perangkat. Ada dua macam mobile OS yang paling populer di pasaran saat ini, yaitu Android OS dan iOS Apple. Keduanya selalu mengeluarkan update versi-versi terbaru dengan peningkatan software agar perangkat dapat digunakan secara optimal. Pada artikel kal ini akan dibahas tentang mobile OS dari Android yang terbaru, yaitu Android Pie.

Apa itu Android Pie?

Mobile OS terbaru dari Android adalah Android P atau Android Pie. Sistem ini merupakan versi ke-16 dari Android mobile OS.  Pertama kali diluncurkan ke publik tanggal 6 Agustus 2018. Sejak Oktober 2019, sudah 32,69% perangkat Android yang menggunakan Pie, sehingga menjadikannya versi Android paling populer saat ini. Awal diluncurkan dulu hanya tersedia untuk Google Pixel dan Android One, kemudian perangkat-perangkat lain akan menyusul. Beberapa fitur baru dari Android Pie adalah sebagai berikut!

pixabay.com
  • Dark Mode

Pada keadaan tertentu, interface yang berwarna gelap lebih nyaman digunakan daripada mode yang biasa. Mode ini dibuat selain untuk kenyamanan mata pengguna, juga sebagai pelindung karena blue light dapat mengganggu tidur Anda, membuat otak kehilangan jejak waktu.

  • Smart Reply melalui Notifikasi

Interface yang paling khas dari Android Pie adalah icon yang bulat terutama di quick setting dan tray notifikasi. Di bagian notifikasi, Anda dapat melihat isi dari SMS, Email, dan chat dari app lain. Kini Anda juga bisa membalas isi pesan cukup melalui notifikasi sehingga komunikasi lebih cepat dan mudah.

  • Editing Screenshot

Cara screenshot setiap perangkat memang berbeda tetapi perangkat yang menggunakan Android Pie akan mendapatkan fitur editing screenshot yang bisa digunakan setelah melakukan screenshot. Tombol edit bisa ditemukan dibawah preview dan fitur editing yang tersedia ada crop, highlight dan menggambar.

pixabay.com
  • Adaptive Battery

Pada dasarnya ada banyak sekali aplikasi dan fitur yang berjalan secara otomatis di smartphone Android. Meskipun sudah di-setting nonaktif, namun ada beberapa aplikasi dan fitur yang memang didesain sebagai aplikasi dan fitur default di ponsel. Dengan banyaknya aplikasi dan fitur yang berjalan di ponsel, maka daya baterai ‘pun jadi cepat habis. Kabar baiknya, smartphone dengan OS Android Pie menyediakan fitur Adaptive Battery.

Fitur ini memungkinkan ponsel untuk menganalisa dan menonaktifkan aplikasi dan fitur yang tidak diperlukan untuk ponsel Android. Fitur satu ini memang bisa ditemukan pada OS Android Marshmallow, namun pada Android Pie, fitur ini jauh lebih canggih sehingga baterai ponsel tidak cepat habis.

Nah untuk mengaktifkan fitur ini, Anda tinggal masuk ke ‘Setting’, lalu ke ‘Battery’, dan terakhir ke ‘Adaptive Battery’. Namun perlu Anda catat bahwa jika Anda mengaktifkan fitur ini, ada kemungkinan terjadinya keterlambatan notifikasi, namun tidak terlalu mengganggu kok!

pixabay.com
  • Gestur Navigasi Terbaru

Pada Android Pie, Anda juga dapat menemukan beberapa gestur navigasi terbaru. Nah untuk mengaktifkan sistem gestur navigasi yang baru Anda tinggal mengakses ‘Setting’ > ‘System’ > ‘Gestures’ > ‘Swipe up on Home Button’. Nah setelah itu Anda baru bisa menemukan adanya perubahan pada gestur navigasi. Jika Anda mengusap bagian atas tombol Home, maka akan muncul view yang terakhir.

Nah Anda bisa memilih aplikasi mana yang ingin dibuka. Jika Anda mengusap dua kali tombol Home, maka Anda bisa mengakses daftar aplikasi yang ada di ponsel. Anda juga bisa membuka Google Assistant dengan cara menekan dan menahan tombol Home.

  • App Actions

Google sangat paham bahwa pengguna smartphone Android akan mengakses aplikasi-aplikasi yang biasa dipakai pada kondisi-kondisi tertentu. Nah karena alasan tersebut diciptakanlah fitur App Actions pada smartphone dengan OS Android Pie. Misalnya Anda terbiasa membuka aplikasi Google Maps pada pagi hari dan sore hari, atau membuka aplikasi Hangout pada malam hari, maka aplikasi-aplikasi tersebut akan muncul pada App Actions. Jadi dengan fitur ini, Anda dapat lebih mudah mengakses aplikasi-aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

Itulah beberapa informasi tentang Android Pie serta fitur-fitur terbaru yang dimilikinya. Sudah cek belum sistem operasi smartphone Android Anda? Segera update mobile OS Anda kalau belum ya! Untuk info lengkap tentang teknologi terkini serta aplikasi-aplikasi gratis bisa mampir ke Mogloger. Ya lewat situs ini, Anda bisa memperdalam wawasan Anda mengenai dunia teknologi terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *