Islam

Alquran Di Android Untuk Kemudahan Belajar Generasi Milenial

Sebagai seorang muslim membaca Al Qur’an adalah hal wajib. Sering kali para pekerja sibuk rela meluangkan waktunya hanya untuk membaca Al Qur’an, akan tetapi dengan kemajuan zaman sekarang ini Al Qur’an sudah makin modern dan berkembang dengan sangat cepat pesat. Al Qur’an kini tak hanya dapat dibaca secara konvensional saja akan tetapi Al Qur’an kini telah beralih secara lebih mudah dengan hadir di dalam aplikasi android. Alquran di android telah banyak beredar semenjak puncak teknologi mulai berkembang beberapa tahun lalu.  Dengan makin berkembangnya teknologi saat ini membuat keberadaan Al Qur’an konvensional menjadi semakin sulit. Tak hanya masalah waktu dan tenaga saja, tetapi banyak orang yang memang tidak dapat memahami dan belajar Al Qur’an sebagaimana mereka mempelajari Al Qur’an pada masa dulu. Karena kemajuan zaman ini lah mulai muncul Al Quran online yang akan mempermudah para umat muslim dalam belajar agama dan belajar membaca Al Qur’an. Berbagai jenis kemudahan dengan Al Qur’an digital kini memberikan banyak manfaat bagi para umat muslim yang terlalu sibuk akan tetapi tetap ingin belajar membaca Al Qur’an dan menyempatkan diri untuk setidaknya membaca Al Qur’an setiap hari. Hal ini memicu banyak distributor dan produsen Al Qur’an yang mulai mengembangkan Al Qur’an produksinya menjadi sebuah Al Qur’an kekinian yang dapat dibaca dimana saja dan kapan saja tanpa terkendala waktu dan juga tempat. Karena hal ini lah mulai beredar banyak Al Qur’an online yang akan memudahkan para generasi milenial untuk mempelajari Al Qur’an.

pixabay.com

Keuntungan Menggunakan Al Qur’an Online

  1. Lebih mudah

Hal utama menggunakan aplikasi alquran di android adalah lebih mudah. Seseorang yang ingin belajar Al Qur’an tidak perlu lagi repot membawa-bawa Al Qur’an kemanapun dia pergi. Menggunakan aplikasi Al Qur’an online yang berbasis di android ini akan sangat memudahkan para pembaca dan umat muslim di seluruh dunia. Hanya dengan membuka aplikasi tersebut di layar telepon pintar maka para pembaca atau orang-orang yang ingin belajar Al Qur’an bisa langsung membaca tanpa perlu repot-repot membuka Al Qur’an dan membawa Al Qur’an yang lumayan berat. Tak hanya itu Al Qur’an berbasis android juga lebih mudah digunakan karena sistem akan langsung mencari ayat yang akan kita baca tanpa perlu kita membuka-buka buku Al Qur’an konvensional.

  1. Penemuan ayat lebih mudah

Sama halnya seperti keuntungan yang pertama, untuk penemuan ayat penggunaan aplikasi android ini jauh lebih mudah. Para umat muslim yang menggunakannya dapat langsung mengetik ayat apa yang ingin dicari tanpa perlu repot membuka-buka halaman. Hal ini juga akan mempersingkat waktu untuk mencari sebuah ayat sebab tidak akan memakan waktu lama untuk buffering dan lebih efektif karena ayat yang dicari sudah pasti kebenarannya.

  1. Bisa dibaca dimana saja

Keuntungan yang selanjutnya adalah aplikasi android ini dapat digunakan dimana saja. Bagi seorang pekerja sibuk yang tidak memiliki waktu untuk mencari senggangnya jadwal dapat menggunakan aplikasi ini. Seorang pekerja dapat membaca Al Qur’an di waktu-waktu senggang istirahat kerja ataupun di saat-saat tertentu pekerjaan sedang santai. Aplikasi ini dapat digunakan secara mudah di layar telepon seluler yang terhubung dengan data, karena hal ini lah Al Qur’an ini sangat mudah untuk digunakan. Para umat muslim yang ingin belajar Al Qur’an tidak perlu lagi tempat khusus untuk dapat membaca Al Qur’an sebab Alquran tersebut bisa dibaca dimana saja.

unsplash.com
  1. Bisa dipelajari kapanpun

Hal selanjutnya adalah Alquran di android bisa dipelajari kapanpun. Hal ini juga termasuk dalam salah satu keuntungan menggunakan al Qur’an online. Ketika pulang kerja untuk wengisi waktu luang di kendaraan para umat muslim bisa membuka aplikasi ini dan akan mendapatkan waktu yang jauh lebih bermanfaat dari pada hanya sekedar bermain telepon seluler saja.

  1. Hemat waktu

Keuntungan yang terkahir adalah hemat waktu. Hal ini karena penggunaan Al Qur’an berbasis android tidak memerlukan ruangan dan waktu khusus. Ketika waktu-waktu tertentu yang hanya bisa dipakai sepuluh atau lima belas menit para masyarakat muslim dapat langsung membaca Al Qur’an di layar telepon mereka tanpa perlu membuang waktu untuk membuka Al Qur’an konvensional dan pergi ke tempat khusus seperti mushola dan tempat ibadah.

pixabay.com

Kelemahan Al Qur’an Online Untuk Pelajar Pemula

Jika terdapat keuntungan pasti lah ada kerugian. Hal ini pula yang ada pada aplikasi Al Qur’an android. Walau sangat membantu akan tetapi Al Qur’an ini juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan yang sangat jelas adalah Al Qur’an Andoid tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan ilmu tajwid. Tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara membaca Al Qur’an. Menggunakan Al Qur’an jenis ini akan mengurangi atau menghilangkan peran guru tajwid yang selama ini mengajar pelajaran tentang cara membaca Al Qur’an yang baik. Al Qur’an android sangat bermanfaat untuk orang-orang yang super sibuk akan tetapi untuk penggunaan pemula seperti anak-anak ada baiknya jika tetap menggunakan Al Qur’an konvensional dan guru baca Al Qur’an yang berpengalaman, sebab membaca Al Qur’an butuh seni dan butuh ketrampilan sehingga anak-anak akan mampu memahami cara membaca Al Qur’an yang baik dan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *