Umum

5 Macam Ukuran Kertas HVS

Kamu yang bekerja kantoran atau merupakan seorang pelajar, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya kertas HVS. Kegunaan kertas ini saat publikasi, mencetak materi, dan lain sebagainya sangat sering dimanfaatkan. Terkadang kita juga harus mencetak dalam ukuran HVS tertentu. Tahukah kamu apa saja ukuran kertas HVS? Ini dia uraiannya.

  1. Seri A

Kertas seri A ini paling sering digunakan untuk operasional perkantoran maupun aktivitas persekolahan. Kertas A3 memiliki ukuran 29,7 cm x 42 cm, sedangkan kertas A4 berukuran lebih kecil yaitu 21 cm x 29,7 cm. Dengan kata lain, A4 berukuran setengah dari kertas A3.

 

  1. Seri B

Kertas seri B ini tidak begitu familiar dan jarang digunakan banyak orang, karena penggunaannya hanya untuk kalangan tertentu saja. Kertas seri B ini digunakan sebagai media lukis dinding dan juga mencetak poster berukuran besar. Kertas seri B ini tersedia dalam 2 ukuran, yaitu B3 dan B5. Kertas B3 memiliki ukuran 35,3 cm x 500 cm sedangkan kertas B5 memiliki ukuran 17,6 x 25 cm atau lebih kecil dari kertas B3.

 

  1. Seri C

Kertas seri C tergolong kertas berukuran kecil, karena biasanya digunakan untuk membuat map dan amplop. Kertas seri C ini terbagi ke adal C0, C1, C2, C3, C4, C5, C6, C7, dan C8. Ukuran terbesar adalah seri C0 yaitu 91,7 cm x 129,7 cm, sedangkan ukuran terkecil yaitu C8, 5,7 cm x 8,1 cm.

 

  1. Seri F

Kertas seri F hanya ada satu jenis, yakni F4. Kertas ini biasanya digunakan untuk fotokopi dan termasuk kertas yang paling anyak dipakai di kehidupan sehari-hari. Kertas F4 berukuran 21 x 33 cm.

 

  1. Seri R

Kertas seri R banyak digunakan untuk keperluan mencetak foto. Banyak variasinya mulai dari yang terkecil yaitu 2R, 3R, 4R, hingga 10R. Biasanya material kertas yang digunakan untuk ukuran kertas ini adalah kertas glossy, kertas canvas, matt, dan inkjet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *