Umum

4 Fakta Menarik di Balik Budaya Sunda, Yuk Intip Disini

 

Sudah diketahui secara umum bahwa Sunda adalah salah satu suku yang ada di tanah air Indonesia. Lebih tepatnya dikenal berasal dari kawasan Jawa Barat atau dari Kerajaan Tarumanegara pada masa silam. Istilah Sunda tersebut diambil dari nama ibu kota dari kerajaan itu, yakni Sundapura. Di ulasan kali ini, akan dibahas mengenai budaya Sunda. Apa saja fakta menarik dari budaya yang tumbuh dan hidup di masyarakat Sunda ? Mari simak disini.

Beragam Fakta Menarik Budaya Khas Suku Sunda

  1. Etos Budaya yang Ada di Suku Sunda

Etos atau watak budaya yang melekat memberikan dampak besar pada karakter masyarakat Sunda. Watak budaya yang dimaksud antara lain adalah (cageur) sehat, (bageur) baik, (bener) benar, (singer) mawas diri, dan juga (pinter) cerdas. Dengan watah tersebut, orang orang Sunda mampu menjadi pribadi yang dapat hidup makmur serta sejahtera. Mereka juga tergolong orang orang yang mengedepankan kerjasama antara satu dengan lainnya.

  1. Nilai Budaya yang Terdapat pada Suku Sunda

Selain etos budaya terdapat pula nilai budaya dari Sunda. Nilai budaya Sunda ini juga relatif berbeda dengan budaya suku lainnya yang ada di tanah air. Masyarakat Sunda cenderung lembut, spiritual, dan juga religius. Dalam kehidupan sehari hari mereka akan saling mengasihi, memperbaiki diri, dan juga saling melindungi. Tidak jarang masih terdapat pula masyarakat tertentu yang masih mempertahankan upacara adat asli khas dari Sunda.

  1. Seni Budaya yang Dapat Ditemui di Sunda

Jika berbicara terkait masalah budaya tentu tidak akan jauh jauh dari istilah seni. Sama halnya di Sunda terdapat seni budaya yang terus dilestarikan hingga saat ini. Seni budaya yang dimaksud adalah wayang golek, jaipongan, sisingaan, angklung, dan juga suling. Kelimanya tidak hanya dikenal di masyarakat tanah air saja, melainkan telah sampai di kancah internasional di berbagai event penting yang diselenggarakan.

  1. Pakaian Adat Khas dari Suku Sunda

Budaya Sunda lainnya berkaitan dengan pakaian adat yang dapat kamu temui di sana. Pakaian adat ini juga terkesan mirip dengan pakaian adat dari daerah Jawa Timur maupun Jawa Tengah. Namun terdapat beberapa perbedaan yang ada di dalamnya, baik untuk pakaian wanita dan juga laki laki. Setiap kebudayaan sendiri memiliki ciri khas masing masing yang membuatnya unik dan berbeda antara satu dengan lainnya.

Budaya dari Sunda tidak hanya berkaitan dengan seni tari dan musik yang tumbuh di dalamnya. Terdapat pula unsur budaya lain yang terlihat dengan jelas pada watak dan nilai dari masyarakat Sunda sendiri. Kelestarian beragam budaya ini juga layak untuk dipertahankan demi hal hal yang baik di masa depan. Dimana generasi penerus bangsa bisa mengenali identitas budaya dari masyarakat Sunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *