Umum

3 Ciri Utama Karakteristik Tanah Aluvial

Tanah aluvial barangkali akan sering ditemui dalam lapisan tanah persawahan atau juga areal pertanian yang dekat dengan sumber air. Jenis tanah tersebut cenderung lunak atau lembek dan bagus untuk pertanian dengan ciri khas sebagai berikut.

Karakteristik Utama Tanah Aluvial

Ciri Fisik

Tanah aluvial termasuk sangat bagus dijadikan sebagai lahan pertanian. Ciri fisiknya berwarna coklat keabuan. Merupakan wujud dari bentukan tanah endapan. Memiliki sifat yang lumayan mirip dengan tanah liat.

Kandungan Mineral

Tanah aluvial tentunya juga memiliki beragam kandungan mineral yang melimpah. Hal tersebut tak terlepas dari tingginya kandungan air yang meresap pada pori-pori tanah aluvial.

Kandungan pH

Tanah aluvial memiliki kandungan derajat keasaman atau pH yang relatif rendah. Untuk itu tanah bersifat lumayan basa tersebut akan bagus dalam mendukung aktivitas pertanian.

Demikianlah beberapa list karakteristik utama dari tanah aluvial yang paling mencolok. Hal tersebut digunakan sebagai pembeda dari jenis tanah yang lainnya. Karakteristik tersebut membuat tanah aluvial menjadi istimewa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *